Selasa, 10 Maret 2015

Tanaman Bunga Liar Idola Peternak


Tanaman ini memang memiliki bunga  yang cukup bagus dan semarak. Saya tidak mengetahui nama pasti dari tanaman ini, saya menyebutnya Bunga Liar. Tanaman ini biasanya tumbuh diareal pesawahan dan daerah lembab atau teduh. Tanaman ini sangat disukai oleh ternak kelinci. Biasanya makanan ini diberikan sebagai selingan.

Jika kelinci diberi dalam jumlah banyak, maka kelinci jarang sekali mampu menghabiskan pakan ini. Tanaman Bunga Liar ini mempunyai kandungan air yang sangat tinggi. Sehingga dapat menyebabkan mencret pada kelinci kalau diberikan dalam jumlah banyak.
Sangat senang sekali mengetahui tanaman ini mudah ditemukan di areal pertanian petani. Biasanya tanaman ini tumbuh untuk menandakan bahwa lahan pertanian tersebut adalah lahan yang subur dan mempunyai kelembapan yang tinggi.
Hal ini dibuktikan pada saat kami mengunjungi kelompoktani Dahlia di Jorong Koto Hilalang Nagari Lambah, di saat anggota kelompoktani sedang melakukan Goro bersama membersihkan lahan tanam kelompok yang sedang ditanami tanaman Labu secara swadaya. Begitu banyaknya tanaman Bunga Liar ini di lahan, sehingga teman-teman saya banyak yang berminat dan meminta untuk diberikan kepada ternak kelincinya (Sang T). 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar