Rabu, 25 Maret 2015

Benny, Berhasil Menjadikan Beternak Sebagai Bisnis

Peternak mana yang tak kenal Mak Itaih??? Toke ternak asal Pilubang ini merupakan anggota kelompoktani Makmur Tani yang eksis di dalam kegiatan pertanian dan sektor peternakan. Saat ini darah beternak Mak Itaih telah mengalir dalam diri Benny Riberta sang anak sulungnya.


Benny merupakan lulusan Teknik Mesin Universitas Bung Hatta, namun lebih memilih hidup “sederhana” untuk beternak. Telah banyak yang dilakukan oleh Benny untuk dunia peternakan di Kecamatan Ampek Angkek khususnya dan Kabupaten Agam pada umumnya.
Apa kelebihan dari seorang Benny? Kontes ternak yang menjadi ajang rutin Dinas Peternakan Provinsi Sumatera Barat tiap tahun menjadi saksi ketenaran Benny. Hampir tiap tahun ternak milik Benny dikirim mewakili beberapa Kabupaten Kota di Sumatera Barat. Dan hampir tiap tahun pula dia menggondol Juara mewakili ternaknya. Selain hal tersebut, yang menjadi nilai plus bagi Benny adalah dia menguasai pemasaran ternak, sesuatu hal yang langka bagi para pemuda sekarang ini. Saat ini Benny memelihara 20 ekor sapi Simmental. Selain itu Benny mampu melakukan pengobatan secara sederhana terhadap kasus-kasus kesehatan ternaknya. Benny juga pernah melakukan pembuatan Biogas secara sederhana menggunakan drum dan plastik.
Asmaniar selaku Ketua kelompoktani Makmur Tani mengaku salut dan terkesan dengan semangat Benny dalam usaha memajukan peternakan. Dia berharap, semangat Benny tersebut dapat menular kepada para peternak di Kecamatan Ampek Angkek (Sang T).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar